e-Kinerja : Inovasi Teknologi Meningkatkan Kinerja Pegawai

Salah satu implementasi dari perkembangan teknologi informasi khususnya digitalisasi dalam dunia kepegawaian adalah adanya e-Kinerja. Kehadiran aplikasi berbasis website tersebut digunakan untuk mengontrol para pegawai mulai dari presensi, kinerja, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lebih detail mengenai e-Kinerja.

e-Kinerja merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan oleh pemerintah untuk mengelola Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai dari kehadiran, pengukuran kinerja, pencapaian prestasi, dan tunjangan pegawai. Aplikasi ini membuat pemerintah dapat bertindak secara praktis sebab pendataan PNS bisa dilakukan secara online. Selain itu juga dapat melakukan penilaian kinerja berdasarkan data pegawai pada Sistem Informasi Kepegawaian.

e-Kinerja terdiri atas dua modul yaitu Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban kerja (ABK). Keduanya dapat diakses oleh aparatur di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten atau Kota. Akses tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan akun yang telah diberikan. Dengan kata lain aplikasi berbasis website ini biasa digunakan dan dapat diakses secara penuh oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), sedangkan publik hanya dapat mengakses Analisis Beban Kerja.

Aplikasi e-Kinerja dapat digunakan sebagai instrumen dalam menganalisis kebutuhan baik jabatan hingga beban kerja sebagai dasar perhitungan prestasi kerja serta penyaluran insentif. Selain memudahkan dalam menginput pekerjaan dan membuat laporan, dikembangkannya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi instrumen pendukung dalam mengambil keputusan.

Adapun tujuan dan manfaat dari hadirnya aplikasi e-Kinerja adalah sebagai berikut 1) Meningkatkan performa atau kinerja organisasi dan aparatur; 2) Meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan berpedoman pada prinsip keadilan equal job for equal pay; 3) Mendorong terciptanya semangat berkompetisi yang sehat antar aparatur; 4) Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia; 5) Menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kerja; 6) Merekam setiap pekerjaan harian yang dilakukan aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerjanya; 7) Menjadi salah satu alat dalam penataan dan penyempurnaan organisasi dan; 8) Sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur

Aplikasi e-Kinerja ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dengan data – data terstruktur yang telah dihimpun, pegawai dapat melihat hasil tunjangan kinerja yang didapatkan berdasarkan pada penilaian yang ada pada aplikasi. Selain itu juga dapat menjadi indikator dalam pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP). Hal itu dikarenakan aplikasi ini dibekali dengan sistem yang ketat dan dapat menentukan upah pegawai berdasarkan kinerja masing – masing.

Manfaat lainnya adalah memudahkan dalam manajemen birokrasi. Sebelumnya proses input data presensi dan kinerja dilakukan secara manual oleh SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah. Dengan adanya e-Kinerja, proses tersebut dapat dilakukan secara elektronik dan otomatis.

e-Kinerja dapat dioperasikan sesuai dengan aplikasi yang berlaku baik bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) masing – masing Kabupaten atau Kota. e-Kinerja juga dapat digunakan oleh para pemimpin institusi atau organisasi dalam mengambil keputusan dan membuat kebijakan. Sebab di dalam e-Kinerja terdapat banyak sekali data – data penting seperti presensi pegawai, kinerja pegawai, capaian pegawai, hingga tunjangan – tunjangan lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال